5/03/2014

Curhat! LCC MPR - JABAR 2013

Assalamu'alaikum wr.wb....
hallo Indonesia! salam sejahtera dan kedamaian untuk tanah ibu pertiwi!

Hari ini hari pertama Widia ngeblog lagi setelah Ujian Nasional yang bener-bener nguras pikiran dan nguras hati..hehe
dan Widia sedang ingin mengingat masa-masa indah (cie) saat Widia duduk dibangku SMA ini..
Banyak banget masa-masa indah yang Widia alami, tapi Widia lebih tertarik untuk berbagi tentang pengalaman Widia menjadi bagian dari Generasi Kebanggaan Bangsa tahun 2013..

Baiklah, apa itu Cerdas Cermat MPR?
Cerdas Cermat MPR adalah kegiatan pengembangan diri Siswa/siswi SMA/MA/sederajat seluruh Indonesia berbentuk perlombaan cerdas cermat (LCC), kegiatan tahunan yang diadakan oleh MPR guna membentuk Generasi-generasi penerus bangsa yang berpegang erat pada 1. Pancasila 2. Undang-undang Dasar 3. Negara Kesatuan Republik Indonesia dan 4. Bhineka Tunggal Ika. Kegiatan ini dilaksanakan bertahap, tahap pertama adalah seleksi ditingkat kabupaten/kota, setelah berhasil meraih juara dikabupaten/kota dapat menjadi perwakilan kabupaten/kotanya untuk mengikuti Lomba Cerdas Cermat MPR di Provinsinya masing-masing, yang menjadi juara 1 ditingkat Provinsi akan mengikuti lomba tahap selanjutnya yaitu Lomba Cerdas Cermat MPR tk Nasional. Dan LCC ini diikuti 10 orang tiap timnya. dan dibagi menjadi 3 babak, yaitu babak tematik, babak satu lawan satu, dan babak benar atau salah. dan peserta lomba wajib memahami dan mengamalkan 4 pilar berbangsa dan berbudaya.
Ditahun 2013, Widia dan 9 orang lainnya terpilih untuk menjadi perwakilan Kabupaten Cianjur. dan inilah kami........ (yang pakai blazer warna Hitam dari SMAN 2 Cianjur, dan itu aku yang ditengah :p)

Kami didampingi 2 orang pembina yang sangat baik hati dan sabar membimbing kami..he maklum, grup LCC dari Kab. Cianjur memiliki kepribadian yang berbeda-beda dan sangat unik..

kami masuk masa karantina pada tanggal 22 Juni 2013, tempat karantina di Park Hotel, Bandung selama 5 hari..
Kami sampai ditempat karantina pukul 3.45 WIB, telat 45 menit dari waktu check in yang ditentukan pihak MPR, kami kira tim kami paling telat ternyata peserta lain juga 
banyak yang telat..hehe
Acara dimulai malam hari, acara kami pertama adalah perkenalan.. kami punya teman baru
dari seluruh sekolah yang DAHSYAT se Jawa Barat!!!
foto diatas saat perkenalan dengan crew TVRI, kita dikasih tips agar rilex saat lomba menjadi peserta yang kece saat dishot kamera :p 

daaan, dimalam itu juga kita diajarkan jingle LCC MPR loh :D mau tau?
niiiih................
selain jingle kita juga punya yel-yel kecil yang gak bisa dilupain.. yaitu, saat ada yang bilang "Generasi Kebanggaan Bangsa" kita semua jawab "Bersatu dan Optimis!" dan asli, saat semua peserta bilang "Bersatu dan Optimis!" gilaaaaa, merinding banget! haha
Hari kedua kami semua mendapat materi dari para juri serta para pemateri tambahan.. dari pukul 7.00 sampai pukul 18.00 WIB FULL MATERI, istirahat untuk solat dan makan saja, ngantuk, tapi seru!
Hari selanjutnya adalah hari dimana perlombaan dimulai.. deg-degan? sopasti :p 
perlombaan dihari ketiga ini hanya putaran penyisihan, dimana setiap tim dikocok dan akan bertanding dengan dua tim lainnya, tim yang menang akan masuk ke putaran semi final dihari selanjutnya.. dan ini adalah kami diputaran penyisihan :)
Alhamdulilah, kami menduduki nilai tertinggi dibabak ini. itu artinya tim C (tim kami) lolos untuk mengikuti putaran semi-final dihari selanjutnya.. ^_^

Daaan, hari ke empat! hari kedua perlombaan berlangsung!!! tim kami kembali berlomba, putaran semi-final, ini kami dengan tim-tim yang sangat hebat tentunya ;)
Dan ditahap ini.. sangat menegangkan sekali, karena nilai kami kejar-kejaran.. maklum, tim yang kami lawan hebat-hebat!! tapi, Alhmdulilah, kami lolos ke putaran-FINAL :)
ini kami di putaran-FINAL :D

ini tim kami melawan tim Hebat lainnya.. bisa di lihat dari gambar-gambar sebelumnya, tim kami selalu kebagian duduk di blok C -_- entah mengapa... dan tahukah kalian? dengan masuknya kami ke babak Final itu berarti kami 3 kali duduk diblok C.. daaan itu juga mungkin berarti kami Juara ke 3 di Penyisihan Provinsi (final) Jawa Barat tahun 2013... Selamat yaa SMAN 1 Banjar sebagai Juara 1 Penyisihan Provinsi (mereka mewakili Jabar ke tingkat Nasional loh tahun 2013) dan SMAN 3 Bogor sebagai Juara 2 Penyisihan Provinsi.. sangat senang bisa bertemu dengan kalian di Putaran Final ;)

Ini pertama kalinya SMAN 2 Cianjur ikut LCC MPR, dan Alhamdulilah hasilnya tidak begitu mengecewakan, masih ada sesuatu yang kami beri.. tapi maaf, maaf yang sebesar-besarnya.. pengalaman kami yang minim membuat kami gugup dan tidak bisa melanjutkan perjuangan angkatan sebelumnya.. padahal, di tahun 2012 Kabupaten Cianjur yang mewakili Provinsi Jawa Barat ke tingkat Nasional.. mungkin tahun-tahun selanjutnya yaa.. semoga! O:)

Daaan, akhir cerita, Widia ngucapin makasih banyak kepada kalian semua.. yang telah membaca pengalaman Widia ini.. semoga sedikit atau banyak bermanfaat, dan barangkali ada yang termotivasi..hehe

Wassalam............................... <3

 
Widia's Note Blogger Template by Kuswara Widya Blogger Template